Berhentilah Menghabiskan Waktu Dengan Blogwalking

Sering dengar atau baca mengenai Blogwalking? Jika belum tahu, blogwalking adalah sebuah kegiatan yang kita lakukan dengan mengunjungi blog milik orang lain dengan meninggalkan komentar di blog tersebut lalu meminta/menuliskan untuk mengunjungi kembali blog anda.

Satu dari seribu cara untuk mendapatkan traffic memang dari Blogwalking. tetapi pertanyaan kita adalah, "Benarkah blogwalking mendatangkan banyak visitor ke blog kita?"

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan mengutarakan apa yang telah saya alami tentang blogwalking.

Ketika membuat blog baru, atau memiliki blog lama dengan visitor yang sedikit, saya sempat melakukan blogwalking dengan cara posting artikel atau link blog kita di grup grup yang ada di facebook dan google plus dengan status biasanya berisi "BW gan! Silahkan kunjungi dan tinggalkan komentar, nanti akan saya kunjungi balik."

Blogwalking sendiri sudah pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya. Nah, disini saya akan uraikan kelebihan dan kekurangannya yang saya ketahui.

Kelebihan dari Blogwalking:
Kelebihan dari Blogwalking sudah sangat jelas kita mengetahuinya. jika kita mengunjungi sebuah blog kemungkinan besar blog kita juga akan dikunjungi oleh si pemilik blog yang kita kunjungi tadi, dengan catatan kita harus meninggalkan jejak komentar di blog tersebut. dan dari sanalah traffic blog kita datang.

Lalu, Apa kekurangan blogwalking ini?
Jika ada kelebihan, tentu saja ada kekurangannya. Blogwalking tidak melulu gimana kita bisa mendapatkan visitor dari blog orang lain, banyak hal yang menghabiskan waktu dengan melakukan hal tersebut. dari beberapa yang saya alami dari kekurangan blogwalking yaitu:

Baca Juga:  10 Tips Dasar Untuk Belajar SEO Bagi Pemula
- Menghabiskan waktu
Kita terlalu sibuk mengunjungi blog orang lain agar blog kita juga dikunjungi. karena kesibukan itu akhirnya blog yang kita miliki terlambat untuk update content, ketika tidak sempat akhirnya kita terpaksa melalukan Copy Paste  dari orang lain.

- Visitor Datang Sesaat
Visitor yang kita dapatkan dari blogwalking kemungkinan besar tidak akan menjadi visitor setia blog kita. ketika kita berhenti melakukan kunjungan ke blog orang lain, maka visitor kita pun berhenti. Tidak percaya?
Silahkan buktikan dengan kamu melakukan cara tersebut selama satu minggu, lalu satu minggu berikutnya Kamu berhenti melakukan kegiatan blogwalking, dan cek total visitor kamu!

- Visitor yang didatangkan dari blogwalking lebih fokus ke komentar bukan konten.
Istilah mengenai "Content Is King" atau Konten adalah Raja memang benar adanya. ketika kita menulikan konten yang unik dan bukan hasil copy paste tentunya ada makna dan rasa puas sendiri. sehingga visitor betah untuk terus mendatangi blog kita tanpa harus blogwaking. dalam kegiatan ini tentunya visitor yang kita dapatkan lebih fokus untuk meninggalkan jejak, bukan untuk membaca keseluruhan konten yang kita tuliskan, belum tentu juga pemilik blog yang kita kunjungi sebelumnya berminat untuk mengunjungi blog kita.

Saya sendiri pun memang masih banyak kekurangan dalam segi konten, di blog ini pun ada beberapa konten yang saya copas dari blog lain.

Nah, maka dari itu, daripada kamu melakukan blogwalking yang menghabiskan waktu, lebih baik kamu melakukan update rutin dalam konten blog kamu minimal 1 artikel perharinya. setelah kamu update, silahkan share di group group yang sesuai dengan niche blog kamu, kamu bisa bergabung di group facebook dan google plus.ketika artikel kamu bermanfaat dan unik dari yang lain, tentunya akan banyak mendatangkan visitor dan dengan mudah terindex dengan google. dalam melakukan update artikel kamu bisa mencoba sesuatu yang sedang ramai dibicarakan, caranya bisa kamu kunjungi langsung ke https://www.google.com/trends kemudian explore keyword yang sesuai dengan kamu. setelah itu buatlah artikelnya.

Kamu juga bisa melakukan teknik SEO, caranya silahkan baca disini

Demikianlah artikel mengenai Berhentilah Menghabiskan Waktu Dengan Blogwalking. Semoga bermanfaat untuk kita semua.


Artikel Belajar Blog Yes Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top